You are here
Kurikulum
Primary tabs
.
Program Studi Ilmu Keolahragaan
-
- Visi
Visi Program Studi S2 IK PPs UNY menjadi program studi magister ilmu keolahragaan yang unggul, kreatif, dan inovatif di kawasan Asia Tenggara berlandasakan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan pada tahun 2025
-
- Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam suasana akademik yang reflektif dan transformatif untuk membangun ketakwaan, kemandirian, dan kecendikiawan
- Melaksanakan penelitian, pengkajian, dan pengembangan ilmu keolahragaan yang obyektif, inovatif, dan aplikatif;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keolahragaan berbasis penelitian sesuai dengan perkembangan teknologi yang memandirikan masyarakat untuk hidup aktif, sehat, dan berprestasi
- Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang efektif dalam bidang ilmu keolahragaan.
-
- Profil Lulusan
Lulusan magister (S-2) Ilmu Keolahragaan diharapkan menjadi akademisi maupun praktisi keolahragaan yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan dalam bidang olahraga kesehatan, terapi dan rehabilitasi olahraga, pendidikan olahraga serta manajemen olahraga secara futuristik.
-
- Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran yang diharapkan dari Program Studi S2 IK adalah magister olahraga yang unggul, kreatif, dan inovatif berkemanjutan dalam bidang ilmu keolahragaan yang terbagi dalam bidang olahraga kesehatan, terapi dan rehabilitasi olahraga, pendidikan olahraga, serta manajemen olahraga. Lulusan Prodi S2 Ilmu Keolahragaan secara rinci diharapkan mampu mengkaji, mengkonsep, dan mengimplementasikan ilmu keolahragaan yang secara professional menjadi tenaga keolahragaan yang mampu menjawab berbagai masalah keolahragaan terkini dengan kemampuan sebagai berikut:
Sikap:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan:
-
- Menguasai teori dalam ilmu keolahragaan untuk berbagai keperluan dalam mendalami dan mengembangkan olahraga secara umum.
- Menguasai teori dan konsep pengembangan olahraga untuk tujuan olahraga kesehatan, terapi dan rehabilitasi, dan pendidikan olahraga, serta pengelolaan bidang olahraga.
- Menguasai teori pendidikan olahraga untuk mengembangkan konsep pendidikan melalui olahraga.
- Menguasai teori, konsep, dan model-model manajemen dan analisis dalam keolahragaan.
- Menguasai teori dan konsep tentang evaluasi dan asesmen dalam bidang olahraga kesehatan, terapi dan rehabilitasi, pendidikan olahraga, serta manajemen olahraga.
- Menguasai teori, konsep, dan metodologi penelitian dalam olahraga untuk olahraga kesehatan, terapi dan rehabilitasi, pendidikan olahraga, serta manajemen olahraga.
Keterampilan Umum:
- Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsep/ gagasan ilmiah, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai nilai yang luhur di bidang keolahragaan, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
- Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan olahraga, yang dituangkan dalam bentuk karya tesis dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal atau prosiding internasional.
- Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang olahraga berdasarkan ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal.
- Mampu menyusun argumen dan solusi dalam olahraga berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui tulisan ilmiah atau langsung kepada masyarakat.
- Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang berada di bawah tanggung jawabnya;
- Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas di luar lembaga.
- Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarisme.
- Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi sesuai bidang keahlian.
Ketrampilan Khusus
-
- Mampu melakukan analisis, pendalaman, dan pengembangan teori, konsep, dan pendekatan latihan dengan tujuan olahraga kesehatan, terapi dan rehabilitasi, pendidikan dan pembelajaran, serta manejemen olahraga;
- Mampu mendesain program olahraga untuk tujuan peningkatan olahraga kesehatan, terapi dan rehabilitasi, pendidikan olahraga, serta manajemen olahraga.
- Mampu mendesain model olahraga kesehatan, terapi rehabilitasi, pendidikan dan pembelajaran olahraga, serta manajemen olahraga yang kreatif dan inovatif.
- Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang olahraga kesehatan, terapi dan rehabilitasi, pendidikan olahraga, serta manajemen olarhaga melalui pendekatan inter- atau multi-disiplin;
- Mampu memetakan, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian dalam bidang olahraga kesehatan, terapi dan rehabilitasi, pendidikan olarhaga, serta manajemen olahraga melalui pendekatan inter- atau multi-disipliner;
- Mampu menciptakan konsep, model, media, perangkat, dan instrumen untuk pengembangan olahraga kesehatan, terapi dan rehabilitasi, pendidikan olahraga, serta manajemen olahraga yang inovatif.
- Mampu menjalankan fungsi manajerial kegiatan olahraga kesehatan, terapi dan rehabilitasi, pendidikan olahraga, serta kegiatan keolahrgaan lainnya dalam skala daerah, nasional maupun international;
- Pengetahuan
- Menguasai teori dalam ilmu keolahragaan untuk berbagai keperluan guna mendalami dan mengembangkan olahraga secara umum.
- Menguasai teori pendidikan olahraga untuk mengembangkan konsep pendidikan anak melalui olahraga.
- Menguasai teori, konsep dan model belajar dan pembelajaran dalam pendidikan keolahragaan sebagai media membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.
- Menguasai teori dan konsep pengembangan olahraga untuk tujuan kesehatan olahraga, pendidikan olahraga, dan kepelatihan olahraga.
- Menguasai teori dan konsep pengembangan program kesehatan olahraga, pendidikan olahraga, dan kepelatihan olahraga.
- Menguasai teori, konsep, dan model-model managemen dan analisis dalam keolahragaan.
- Menguasai teori dan konsep tentang evaluasi dan asesmen dalam bidang keolahragaan
- Menguasai teori, konsep, dan metodologi penelitian dalam olahraga untuk kesehatan olahraga, pendidikan olahraga, dan kepelatihan olahraga
- mampu mendisain program untuk rehabilitasi, kebugaran, aktivitas rekreasi
- mampu medisain model-model pembelajaran yang inovatif
- mampu mendisain program-program kepelatihan yang inovatif
- Ketrampilan Khusus
- Mampu menjalankan fungsi managerial dalam kegiatan olahraga dalam skala daerah, nasional maupun international.
- Mampu menganalisis hasil evaluasi belajar dan latihan olahraga
- Mampu memetakan, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian dalam bidang keolahragaan melalui pendekatan inter- atau multi-disipliner.
- Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang olahraga melalui pendekatan inter- atau multi-disipliner; dan
- Mampu melakukan analisis, pendalaman, dan pengembangan teori, konsep, dan pendekatan pembelajaran dan latihan olahraga.
-
- Struktur Kurikulum
Kurikulum pada program magister Ilmu Keolahragaan FIK UNY ditempuh dalam 40 sks yang tersebar sebagai berikut:
Tabel 1. Struktur Kurikulum
SEMESTER 1 |
KODE |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
FIK8201 |
Filsafat Ilmu |
2 |
|
FIK8202 |
Analisis Data Penelitian |
2 |
|
FIK8303 |
Metode Penelitian Keolahragaan |
3 |
|
IKO8201 |
Fisiologi Olahraga |
2 |
|
IKO8204 |
Kajian Ilmu Keolahragaan |
2 |
|
IKO8206 |
Kajian Manajemen Olahraga |
2 |
|
IKO8207 |
Kajian Olahraga Kesehatan |
2 |
|
IKO8217 |
Perkembangan dan Pembelajaran Motorik |
2 |
|
SUBTOTAL SEMESTER 1 |
17 |
||
SEMESTER 2 |
KODE |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
IKO8202 |
Biomekanika Olahraga |
2 |
|
IKO8203 |
Psikologi Olahraga |
2 |
|
IKO8308 |
Proposal Tesis |
3 |
|
IKO8210 |
Penulisan Karya Ilmiah |
2 |
|
MATA KULIAH PILIHAN KONSENTRASI* |
|||
OLAHRAGA KESEHATAN* |
|||
IKO8205 |
Metode Latihan Kebugaran |
2 |
|
IKO8211 |
Analisis Kebugaran Jasmani |
2 |
|
IKO8212 |
Assessmen Kebugaran |
2 |
|
Sub Total Kons. Olahraga Kesehatan* |
6* |
||
TERAPI & REHABILITASI FISIK* |
|||
IKO8213 |
Terapi & Rehabilitasi Fisik |
2 |
|
IKO8214 |
Terapi dan Rehabilitasi Penyakit Degeneratif |
2 |
|
IKO8208 |
Assessmen Terapi dan Rehabilitasi |
2 |
|
Sub Total Kons. Terapi & Rehabilitasi Fisik |
6* |
||
Pendidikan Olahraga* |
|||
IKO8220 |
Analisis Materi Pembelajaran Penjas |
2 |
|
IKO8221 |
Perencanaan Pembelajaran Penjas |
2 |
|
IKO8222 |
Assesmen Pembelajaran Penjas |
2 |
|
Sub Total Kons. Pendidikan Olahraga |
6* |
||
Manajemen Olahraga* |
|||
IKO8209 |
Manajemen Fasilitas Olahraga |
2 |
|
IKO8215 |
Manajemen Event Olahraga |
2 |
|
IKO8216 |
Assessmen Manajemen Olahraga |
2 |
|
Sub Total Kons. Manajemen Olahraga |
6* |
||
SUBTOTAL SEMESTER 2 |
15 |
||
|
|
|
|
SEMESTER 3 |
KODE |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
IKO8809 |
Tesis |
8 |
|
SUBTOTAL SEMESTER 3 |
8 |
||
TOTAL SKS |
40 |
||
MATAKULIAH TAMBAHAN** |
|||
|
KODE |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
MATA KULIAH KEMAMPUAN KEAHLIAN TAMBAHAN**) |
2-4 |
||
Tidak wajib (Mahasiswa bisa mengambil kuliah di Prodi Lain sesuai dengan kebutuhan) |
|||
MATAKULIAH MATRIKULASI*** |
|
||
|
KODE |
MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
SEMESTER 1 |
KIF 6203 |
Fisiologi Manusia |
2 |
KIP 6231 |
Tes, Penggukuran, & Evaluasi Orkes |
2 |
|
TOTAL SKS MATRIKULASI |
4 |
Keterangan:
*) = Mahasiswa memilih salah satu konsentrasi studi
**) = Mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di Prodi Lain sesuai dengan kebutuhan
***) = Mata Kuliah Matrikulasi harus ditempuh oleh Mahasiswa yang berasal dari S1 Non-Olahraga
- Deskripsi Mata Kuliah
1 |
Nama Mata Kuliah : Filsafat Ilmu Kode Matakuliah/SKS : FIK8201 |
|
|
DESKRIPSI |
|
||
Mata kuliah ini memeberikan pemahaman tentang konsep dasar pengetahuan, filsafat, dan ilmu; makna filsafat ilmu dan obyek kerjanya, landasan-landasan ontologisme, epistimologis, dan aksiologis ilmu, perkembangan ilmu; beberapa pendekatan dalam filsafat ilmu; serta kaitan antara ilmu, teknologi, dan kebudayaan/peradaban. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mengetahui makna pengetahuan, makna filsafat, dan makna ilmu, makna filsafat ilmu berdasarkan objek formal dan berdasarkan objek material, dapat menjelaskan landasan ontologis ilmu. Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
2 |
Nama Mata Kuliah : Analisis Data Penelitian Kode Matakuliah/SKS : FIK8202 |
|
|
DESKRIPSI |
|
||
Mata kuliah ini memiliki bobot 2 sks dan membahas mengenai teknik analisis data dalam penelitian. Tujuannya untuk memberikan kemampuan dan keterampilan yang kuat bagi mahasiswa dalam menjawab hipotesis dan pertanyaan penelitian. Secara khusus mata kuliah ini akan mengkaji tentang fungsi, metode, teknik analisis data penelitian. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan menemukan secara mandiri beberapa teknik analisis data penelitian dan mampu memilih secara tepat dan bertanggung jawab sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian untuk tesisnya.
Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
3 |
Nama Mata Kuliah : Metode Penelitian Keolahragaan Kode Matakuliah/SKS : FIK8203 |
|
|
DESKRIPSI |
|
||
Mata kuliah metodologi penelitian keolahragaan membahas tentang teori, konsep dan langkah-langkah dalam melakukan penelitian keolahragaan secara empiris, sistematis, logis, dan analisis. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan menambah wawasan dan pengetahuan untuk melakukan penelitian sebagai proses yang harus dilalui mahasiswa dalam menyusun tesis atau karya ilmiah. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa mampu membandingkan berbagai metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan penelitiangan pengembangan (RND). Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
4 |
Nama Mata Kuliah : Fisiologi Olahraga Kode Matakuliah/SKS : IKO8201 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah ini membahas secara skematis mengenai sumbangan dan hubungan berbagai disiplin ilmu dalam yang mendasari kajian dalam fisiologi olahraga. Tujuannya untuk memberikan landasan yang kuat bagi para mahasiswa dalam mengkaji berbagai disiplin ilmu pendukung olahraga sehingga memperluas wawasan dan mampu mengembangkan ilmu fisioolgi guna menciptakan masyarakat yang sehat melalui olahraga. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mampu menguasai konsep respons dan adaptasi, menguasai fisiologi dan respons sistem kardiovaskular saat olahraga Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
5 |
Nama Mata Kuliah : Kajian Ilmu Keolahragaan Kode Matakuliah/SKS : IKO8204 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah ini membahas secara skematis mengenai sumbangan dan hubungan berbagai disiplin ilmu yang mendasari kajian dalam ilmu keolahragaan. Tujannya untuk memberikan landasan yang kuat bagi para mahasiswa dalam mengkaji berbagai disiplin ilmu pendukung olahraga sehingga memperluas wawasan dan mampu mengembangkan ilmu keolahragaan guna menciptakan masyarakat yang sehat, sejahtera lahir dan batin melalui olahraga |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Memahami dan mengetahui sejarah ilmu keolahragaan, ilmu-ilmu pendukung keolahragaan, dan cabang serta cakupan ilmu keolahragaan. Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
6 |
Nama Mata Kuliah : Kajian Manajemen Olahraga Kode Matakuliah/SKS : IKO8206 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Kajian manajemen olahraga membahas tentang fungsi-fungsi manajemen, berpikir kritis tentang manajemen olahraga, pengembangan profesi, olahraga profesional dan pariwisata olahraga, pemasaran olahraga dan olahraga sebagai industri, olahraga sebagai industri, kreatifitas dan inovasi Industri olahrga, Fasilitas olahraga dan manajemen kejuaraan, Manajemen dan organisasi olahraga, kepemimpinan olahraga, Komunikasi, etika manajemen olahraga, aspek sosiologis dalam olahraga, manajemen olahraga masa depan. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa memahami dan mengerti pengertian, tujuan, prinsip ilmu manajemen olahraga Sub CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
7 |
Nama Mata Kuliah : Kajian Olahraga Kesehatan Kode Matakuliah/SKS : IKO8207 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Matakuliah Ilmu Kajian Olahraga Kesehatan ini akan membahas berbagai persoalan olahraga yang terkait dengan kesehatan yang berlaku secara timbal balik yang secara terperinci bahasan dalam mata kuliah ini adalah mencakup konsep olahraga kesehatan, konsep hidup sehat dan aktif, konsep kebugaran jasmani, mekanisme pemeliharaan kesehatan fisik dan psikologis. Secara khusus mata kuliah ini juga akan mengkaji tentang pendidikan kesehatan, kebutuhan gizi, kaitan olahraga dengan masa pertumbuha, kaitan olahraga dengan perkembangan, serta olahraga dan penyakit degeneratif. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Memahami dan menjelaskan prinsip pembinaan dan evaluasi dalam bidang kesehatan olahraga Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
8 |
Nama Mata Kuliah : Perkembangan dan Pembelajaran Motorik Kode Matakuliah/SKS : IKO8217 |
||
Deskripsi |
|||
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan pengertian tentang hakikat gerak, pola gerak, keterampilan gerak serta dasar-dasar taksonomi gerak yang dielaborasi dengan proses terjadinya gerak dan keterampilan dari sudut pandang teori pengolahan informasi, peranan indera dalam penghasilan gerak, serta perangkat-perangkat internal (proprioceptive) yang berpengaruh dalam menghasilan gerak. Substansi MK ditutup dengan bahasan tentang proses pembelajaran gerak dapat dimaksimalkan, dengan memperhitungkan berbagai aspek yang mempengaruhi, serta metode-metode pembelajaran yang dikenal dalam proses pembelajaran dan perkembangan motorik. |
|||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|||
Mahasiswa mampu menganalisis gerak, pola gerak, keterampilan gerak serta dasar-dasar taksonomi gerak yang dielaborasi dengan proses terjadinya gerak dan keterampilan dari sudut pandang teori pengolahan informasi, peranan indera dalam penghasilan gerak, serta perangkat-perangkat internal (proprioceptive) yang berpengaruh dalam menghasilan gerak. Sub-CPMK:
|
|||
BAHAN KAJIAN |
|||
|
|||
|
|
||
8 |
Nama Mata Kuliah : Biomekanika Olahraga Kode Matakuliah/SKS : IKO8202 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah Biomekanika Olahraga dengan bobot 2 SKS ini mengkaji konsep-konsep gerak tubuh manusia, sistem rangka, sistem syaraf, sistem sendi, gerak dasar kinematik anguler dan kinematik linier dan analisis menggunakan darfish. Dibahas pula tentang penerapan konsep gerak menggunakan analisis dartfish, khususnya dalam bidang olahraga. Proses pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran partisipatif. Di dalamnya mencakup penggunaan metode pembelajaran individual dan kelompok. Pembelajaran individual berkaitan dengan telaah kepustakaan dan tugas-tugas individu yang diharapkan membantu mahasiswa dalam memahami mata kuliah Biomekanika Olahraga.
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa mampu Memahami arah tujuan perkuliahan, teori pendukung biomekanika olahraga, mengetahui ilmu terkait biomeknaika olahraga dan mampu menjelaskan definisi biomekanika olaharaga. Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
9 |
Nama Mata Kuliah : Psikologi Olahraga Kode Matakuliah/SKS : IK08203 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah psikologi olahraga membahas berbagai teori psikologi yang relevan dengan kepribadian dan olahraga, motivasi, kegairahan-ketegangan-kecemasan, kompetisi dan kerjasama, umpan-balik-penguatan-motivasi intrinsik, dinamika tim dan group, kohesivitas group, kepemimpinan dan komunikasi, pengenalan latihan keterampilan psikologis, regulasi kegairahan, imagery, self-confident, goal-setting, konsentrasi dan perhatian, latihan dan kesehatan secara psikologis, cidera olahraga dan psikologi, kebosanan dan overtraining, pembentukan psikologis anak melalui olahraga, agresivitas dan emosi, pembentukan karakter dan sportivitas. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Memahami dan menganalisis mengerti pengertian peranan, makna, jenis-jenis perilaku, dan proses terjadinya psikologi olahraga. Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
10 |
Nama Mata Kuliah : Proposal Tesis Kode Matakuliah/SKS : IKO8308 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Dalam matakuliah ini akan disampaikan dan dibahas tentang kerangka konseptual dan substansi tesis yang mencakup judul penelitian; penulisan latar belakang masalah, tujuan dan manfaat penelitian; tinjauan pustaka; keramgka berpikir, perumusan hipotesis penelitian; metode penelitian; pencarian sumber dan penulisan pustaka |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mampu melakukan kajian-kajian ilmiah terhadap permasalahan keolahragaan secara mendalam Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
11 |
Nama Mata Kuliah : Penulisan Karya Ilmiah Kode Matakuliah/SKS : IKO8210 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah penulisan karya ilmiah terdiri dari 2 sks merupakan mata kuliah yang membahas mekanisme dan prosedur penulisan artikel ilmiah yang berbasis penelitian atau kajian teoritik yang mencakup tata tulis ilmiah, bahasa ilmiah, gaya selingkung jurnal ilmiah dan tata cara pengiriman artikel ke salah satu jurnal ilmiah. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ipteks yang menerapkan nilai humaniora dalam bidang Karya Ilmiah Olahraga Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
12 |
Nama Mata Kuliah : Metode Latihan Kebugaran Kode Matakuliah/SKS : IKO8210 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Matakuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip serta pengembangan metode latihan kebugaran jasmani. Mata kuliah ini membahas tentang penyusunan program latihan kebugaran, metode latihan kebugaran jasmani, model latihan kebugaran jasmani, pengembangan metode latihan kebugaran jasmani, serta program latihan kebugaran jasmani. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dan metode latihan kebugaran Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
13 |
Nama Mata Kuliah : Analisis Kebugaran Jasmani Kode Matakuliah/SKS : IKO8211 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah Analisis Kebugaran Jasmani mengkaji tentang pengertian, ciri-ciri, tujuan, sasaran latihan kebugaran, prinsip-prinsip dan komponen-komponen latihan, sistem energi, komponen kebugaran aerobik, ketahanan, kekuatan, kecepatan, power, fleksibilitas, dan komposisi tubuh. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa untuk memahami metode pengembangan unsur-unsur kebugaran, penyusunan program latihan dan cara evaluasi. Mata kuliah ini juga membahas analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran, model-model latihan kebugaran, dan ruang lingkup, serta trend dalam penelitian kebugaran |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Memahami kebugaran jasmani, falsafah latihan, ciri, dan tujuan latihan. Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
14 |
Nama Mata Kuliah : Assessmen Olahraga Kebugaran Kode Matakuliah/SKS : IKO8212 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah asesmen olahraga kebugaran terdiri dari 2 sks membahas tentang konsep assessment, tes, dan pengukuran, kajian terhadap tes dan pengukuran yang telah ada, serta prosedur pembuatan tes dan alat ukur kebugaran. Penilaian berdasarkan kinerja yang terkait dengan keterampilan motorik, kesegaran jasmani, kemampuan kognitif, dan afektif. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa memahami konsep asesmen dan evaluasi, serta mampu menentukan waktu yang tepat dalam melakukan asesmen olahraga kebugaran. Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
15 |
Nama Mata Kuliah : Terapi dan Rehabilitasi Fisik Kode Matakuliah/SKS : IKO8213 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Matakuliah ini membahas tentang arti terapi dan rehabilitasi, jenis-jenis terapi dan rehabilitasi, identifikasi jenis cidera pada cabang olaharga, pertolongan pertama pada cedera olahraga, massase olahraga, prinsip keselamatan, penanganan cedera, penguluran serta pemijatan, serta pengembangan model terapi dan rehabilitasi pada cedera olahraga. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Menganalisis berbagai konsep terapi dan rehabilitasi Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
16 |
Nama Mata Kuliah : Terapi dan Rehabilitasi Penyakit Degeneratif Kode Matakuliah/SKS : IKO8214 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata Kuliah ini membahas tentang penyakit degeneratif, jenis-jenis penyakit degeneratif, karakteristik penyakit degeneratif, identifikasi jenis penyakit degeneratif yang populasinya tinggi era sekarang, terapi latihan/olahraga, serta pengembangan model terapi dan rehabilitasi pada penyakit degeneratif. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa dapat menganalisis konsep terapi dan rehabilitasi pada penyakit degeneratif Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
17 |
Nama Mata Kuliah : Asesmen Terapi dan Rehabilitasi Kode Matakuliah/SKS : IKO8208 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Asesmen terapi dan rehabilitasi terdiri 2 sks merupakan mata kuliah yang membahas konsep assessment, tes dan pengukuran, kajian terhadap tes dan pengukuran yang telah ada, serta prosedur pembuatan tes dan alat ukur terapi dan rehabilitasi olahraga. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mampu memahami dan melakukan asesmen terkait dengan terapi dan rehabilitasi Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
18 |
Nama Mata Kuliah : Analisis Materi Pembelajaran Penjas Kode Matakuliah/SKS : IKO8220 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata Kuliah ini terdiri dari 2 sks berisi mengkaji dan menganalisis materi pembelajaran penjas untuk mengkaji konsep pendidikan jasmani, metode pembelajaran penjas, media pembelajaran, dan pengembangan materi pembelajaran penjas. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa mampu menganalisis materi pembelajaran penjas untuk mengkaji konsep pendidikan jasmani, metode pembelajaran penjas, media pembelajaran, dan pengembangan materi pembelajaran penjas. Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
19 |
Nama Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran Penjas Kode Matakuliah/SKS : IKO8221 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah ini membahas tentang teori dan konsep integrasi teknologi dalam pembelajaran jasmani olahraga atau aktivitas jasmani meliputi perencanaan pembelajaran penjas, atau mendesain, teknik/metode, dan strategi dalam pembelajaran olahraga yang dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas jasmani secara efektif dan efisien. Mata kuliah ini juga membahas teori pembelajaran, media pembelajaran, kurikulum penjas, metode pembelajaran, pembuatan RPP, dan sistem evaluasi pembelajaran.
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan teori dan konsep integrasi teknologi dalam pembelajaran jasmani olahraga atau aktivitas jasmani Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
20 |
Nama Mata Kuliah : Asesmen Pembelajaran Penjas Kode Matakuliah/SKS : IKO8222 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah ini membahas tentang teori, dan konsep penilaian pendidikan jasmani/olahraga berdasarkan kinerja yang terkait dengan perolehan keterampilan motorik, kesegaran jasmani, kemampuan kognitif, dan afektif, serta pengembangan instrumen untuk penilaian pembelajaran penjas |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan teori asesmen pembelajaran jasmani baik komponen kognitif, afektif, maupun psikomotorik Sub-SPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
21 |
Nama Mata Kuliah : Manajemen Fasilitas Olahraga Kode Matakuliah/SKS : IKO8209 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah ini membahas pengelolaan fasilitas olahraga meliputi perencanaan dan perawatan fasilitas olahraga, safety and security management, manajemen utilitas pendukung fasilitas olahraga, pemasaran fasilitas olahraga, dan manajemen fasilitas olahraga dalam mendukung kegiatan keolahragaan. Pada matakuliah ini dipelajari elemen dan resiko manajemen dan keamanan yang diintegrasikan dalam proses desain. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa menguasai teori, konsep, dan model-model manajemen dan analisis dalam keolahragaan Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
22 |
Nama Mata Kuliah : Manajemen Event Olahraga Kode Matakuliah/SKS : IKO8215 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah ini membahas teori dan konsep pengelolaan event olahraga meliputi perencanaan kegiatan, pengorganisasian kegiatan olahraga, hingga evaluasi kegiatan olahraga, termasuk juga penyediaan fasilitas pendukung kegiatan olahraga, pengelolaan keuangan, pemasaran event, serta pengelolaan sumber daya manusia dalam event olahraga.
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa menganalisis berbagai macam teori dan konsep pengelolaan event olahraga meliputi perencanaan kegiatan, pengorganisasian kegiatan olahraga, hingga evaluasi kegiatan olahraga, termasuk juga penyediaan fasilitas pendukung kegiatan olahraga, pengelolaan keuangan, pemasaran event, serta pengelolaan sumber daya manusia dalam event olahraga Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
23 |
Nama Mata Kuliah : Asesmen Manajemen Olahraga Kode Matakuliah/SKS : IKO8216 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Matakuliah ini membahas tentang teori dan konsep penilaian dan evaluasi serta pengembangan instrument melalui hasil penelitian seperti jurnal-jurnal dan book chapter dalam manajemen olaharga berdasarkan kinerja yang terkait dengan kegiatan keolahragaan, keuangan olahraga, sumber daya manusia olahraga, pemasaran olahraga, dan kepuasan dalam bidang keolahragaan. Mahasiswa difasilitasi untuk menguasai: konsep tes pengukuran dan penilaian dalam konsentrasi manajemen olahraga. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa mampu Menguasai teori, konsep, dan model-model manajemen dan analisis dalam keolahragaan. Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
|
|
||
|
|
||
24 |
Nama Mata Kuliah : Tesis Kode Matakuliah/SKS : IKO8809 |
|
|
Deskripsi |
|
||
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat menyusun laporan tesis sesuai dengan pedoman penulisan tesis kemudian laporan tesis divalidasi atau direview oleh tim program studi. Selanjutnya mahasiswa memaparkan laporan tesis untuk mempertahankan hasil penelitian di sidang ujian tesis. |
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
|
||
Aspek Sikap
Aspek Pengetahuan
Aspek Keterampilan Umum
Aspek Keterampilan Khusus
|
|
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH |
|
||
Mahasiswa mampu menyusun laporan yang baik dan efektif, sikap ilmiah yang positif dan bertanggung jawab serta mandiri sesuai dengan buku pedoman penulisan tesis program magister FIK UNY. Sub-CPMK:
|
|
||
BAHAN KAJIAN |
|
||
Bahan Kajian:
|
|
||
- Proses Pembelajaran
Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, bereksplorasi, berkreasi, dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber belajar. Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan, penyusunan dan pengembangan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.
Proses pembelajaran menciptakan interaksi akademik di dalam kelas meliputi: diskusi, presentasi mahasiswa, seminar, dan kajian literatur dan hasil riset terbaru. Kegiatan di luar kelas dilaksanakan melalui keterlibatan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat serta penelitian dosen. Interaksi akademik yang terkait dengan perkuliahan juga dapat dilakukan secara online melalui forum diskusi yang terintegrasi dengan sistem e-learning Be-smart. Kegiatan di luar kelas dilaksanakan untuk menciptakan suasana akademik, yaitu pengenalan kehidupan kampus, seminar, dan lokakarya. Pengenalan kehidupan kampus dilakukan pada awal perkuliahan, dengan kegiatan pengenalan lingkungan kampus, pengenalan pengelola kampus, pengenalan tata tertib dan kegiatan-kegiatan kampus, pengenalan organisasi kampus.
- Penilaian
Penilaian pencapaian kompetensi mahasiswa dilakukan pada mata kuliah teori, praktik, tugas akhir, dan tesis. Sasaran penilaian pencapaian kompetensi mahasiswa pada mata kuliah teori dan praktik, mencakup: 1) pengetahuan, keterampilan, dan perilaku, 2) partisipasi/ kinerja mahasiswa, 3) hasil kerja berupa karya tulis/laporan.
Sasaran penilaian pencapaian kompetensi mahasiswa pada penyelesaian tugas mata kuliah mencakup:(1) penguasaan dan pemanfaatan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku dalam penyelesaian tugas, (2) kedalaman isi, penggunaan bahasa dan struktur penulisan laporan, (3) hasil kerja berupa karya tulis/laporan, dan (4) partisipasi/kinerja mahasiswa. Teknik penilaian capaian kompetensi mahasiswa dapat berupa tes, observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan/atau penilaian kinerja, serta mempertimbangkan mahasiswa berkebutuhan khusus. Dosen dapat memilih satu atau lebih teknik penilaian capaian kompetensi mahasiswa berdasarkan sifat kompetensi dan masukan dari teman sejawat atau pemangku kepentingan.
Instrumen penilaian pencapaian kompetensi mahasiswa dapat berbentuk soal, lembar penilaian kinerja, lembar observasi, kuisioner, atau checklist. Instrumen penilaian pencapaian kompetensi mahasiswa harus memenuhi validitas dan reliabilitas. Penilaian capaian kompetensi mahasiswa dapat dilakukan oleh (1) dosen tunggal; (2) tim dosen; (3) dosen tunggal atau tim dengan mengikutsertakan penilaian mahasiswa; dan/atau penilaian dosen tunggal atau tim dengan mengikutsertakan penilaian pemangku kepentingan dalam magang, ekskursi, praktek, dan/atau kegiatan sejenis.
Hasil penilaian akhir pencapaian kompetensi oleh mahasiswa terhadap mata kuliah teori atau praktik merupakan gabungan dari hasil penilaian harian, hasil ujian tengah semester, dan hasil dengan rumus sebagai berikut:
NA = (2*NH+3*NUTS+5*NUAS)/10
Keterangan:
NA = Nilai Akhir.
NH = Nilai Harian/ tugas-tugas/ partisipasi.
NUTS = Nilai Ujian Tengah Semester.
NUAS = Nilai Ujian Akhir Semester.
Hasil penilaian akhir pencapaian kompetensi oleh mahasiswa terhadap mata kuliah teori dihitung berdasarkan format penilaian yang disiapkan oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan. Hasil penilaian akhir pencapaian kompetensi oleh mahasiswa terhadap mata kuliah tugas akhir dihitung berdasarkan format penilaian yang disiapkan oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan. Hasil penilaian pencapaian kompetensi mahasiswa untuk setiap matakuliah dinyatakan dalam angka skala 100, kemudian dikonversi menjadi nilai huruf, bobot, dan kategori seperti tabel sebagai berikut:
Tabel 2. Standar Penilaian
Standar Nilai |
Nilai |
||
10 |
100 |
Huruf |
Angka/Bobot |
8,6 – 10 |
86 – 100 |
A |
4,00 |
8,0 – 8,5 |
80 – 85 |
A- |
3,75 |
7,5 – 7,9 |
75 – 79 |
B+ |
3,25 |
7,1 – 7,4 |
71 – 74 |
B |
3,00 |
6,6 – 7,0 |
66 – 70 |
B- |
2,75 |
6,4 – 6,5 |
64 – 65 |
C+ |
2,25 |
5,6 – 6,3 |
56 – 63 |
C |
2,00 |
0 – 5,5 |
0 – 55 |
D |
1,00 |
Keterangan :
**) = Mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di Prodi Lain sesuai dengan kebutuhan
***) = Mata Kuliah Matrikulasi harus ditempuh oleh Mahasiswa yang berasal dari S1 Non-Olahraga.
Kontak PPs UNY
Copyright © 2024,